Selasa, 26 Oktober 2010

Langit terbelah di Yogyakarta


Fenomena munculnya langit terbelah di Yogyakarta bikin resah warga. Sebenarnya tidak benar-benar terbelah tapi melainkan cahaya yang menyorot sehingga langit seperti terbelah. Mirip sinar senter raksasa, cahaya biru terang benderang membelah langit Yogyakarta.

Menurut para pakar merupakan fenomena biasa dan memang selebihnya tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Fenomena ini terlihat indah sekali sih, tapi banyak warga yang bertanya-tanya apakah ini pertanda akan ada bencana.Kepala Sub Bidang Informasi Publik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofosika (BMKG) Harry Tirto Djatmiko mengatakan, dalam fenomena tersebut adalah fenomena kapan bisa saja terjadi, dalam ilmu perlangitan ada tiga kategori, awan menenagh, awan rendah dan awan tinggi.

Untuk hal-hal lain tidak bisa diprediksi,"Ini saja yang bisa di ketahui, lainnya tidak (tanda-tanda diluar ilmu pasti," imbuhnya.

Sementara itu, Peneliti di Pusat Sains Atmosfir dan Iklim Thomas Djamaludin mengatakan bahwa fenomena alam tersebut merupakan kejadian alam yang disebut sebagai Dark crepuscular. Hal itu biasanya di katakan di mana kondisi langit sedang terang, namun terdapat garis gelap.

“Garis gelap tersebut terjadi akibat sebuah awan padat besar yang menghalangi radiasi cahaya,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About PP GKPI SIANTAR KOTA

Pemuda-Pemudi GKPI Siantar Kota, adalah sebuah Organisasi Pemuda yang berada di bawah naungan Gereja GKPI Jemaat Khusus Siantar Kota. PP GKPI menjadi sebuah komunitas Kepemudaan Gereja yang bergerak di bidang Musik dan Nyanyian.